Thursday, March 5, 2015

Piano bukan instrumen basic

Banyak yang beranggapan bahwa piano adalah instrumen dasar bagi semua permainan musik, apapun cita-cita anda menjadi gitaris, keyboardist ata drummer semua disarankan untuk mengawalinya dengan piano. Tak heran jika banyak remaja yang membeli piano terlebih dulu dibanding instrumen lainnya. Mereka ingin menguasai permainan piano agar bisa memainkan instrumen lain dengan lebih baik.


Tahukah anda bahwa tanggapan tersebut salah besar? Meskipun piano adalah instrumen paling rumit untuk dipelajari dan menjadi latihan bagus untuk membuat komposisi, namun piano bukanlah instrumen basic. Anda tidak mungkin bisa menjadi seorang gitaris handal jika terus saja bermain piano, anda juga tidak mungkin bisa berakhir seperti drummer kawakan jika setiap hari hanya memainkan piano.

Karena itu jika anda kini tengah belajar piano padahal mimpi anda adalah menjadi gitaris, tinggalkan piano anda. Sekedar mempelejari dan mengetahu dasar permainannya tentu sah-sah saja, namun jika sampai mendalaminya maka bukankah mimpi anda melayang begitu saja? Jangan melakukan hal-hal yang tidak anda sukai termasuk dalam hal musik. Jika anda tidak suka piano jangan memaksakan diri.

Justru anda akan lebih berkembang jika mengulik instrumen yang benar-benar anda minati. Lihatlah mereka yang sukses dengarkan pengalamannya, sebagian besar mereka yang sukses sudah memegang instrumennya sejak usia balita. Dari kecil mereka sudah yakin dan paham bahwa istrumen pilihannya lah yang akan membawa mereka pada kepopuleran. Kini giliran anda yang harus fokus pada mimpi dan lupakan mitos yang mengatakan bahwa piano adalah instrumen basic.

No comments:

Post a Comment