Thursday, November 13, 2014

Bagian-bagian penting piano

Piano seperti halnya instrumen musik lain juga memiliki bagian-bagian penting yang harus anda pahami, sebelum memutuskan untuk menjadi seorang pianis. Bagian-bagian ini adalah motor penggerak yang membuat piano anda berfungsi dengan baik. Anda harus mengerti bagaimana sistem dari bagian-bagian piano itu bekerja.


Hal ini akan membuat anda lebih cepat menguasai permainan instrumen jari ini. Lalu apa saja bagian-bagian piano yang sangat penting untuk kita ketahui itu? Yang pertama adalah tuts piano. Tut piano terdiri dari dua bagian yaitu tuts hitam dan putih. Pada awalnya piano yang memiliki satu tuts saja yakni tuts putih.

Namun karena kurang praktis, maka tuts hitampun ditambahkan menjadi bagian utama piano. Perbedaan tuts hitm dan putih hanya pada posisinya saja. Yang kedua adalah martil, bagian ini berfungsi untuk memukul dawai pada piano ketika anda menekan tuts piano untuk menghasilkan suara.

Ketiga adalah dawai piano, dawai inilah yang menghasilkan suara ketika dipukul oleh martil. Dawai piano harus sering distem agar tinggi rendahnya nada tetap standar dan suaranya tidak fals. Keempat adalah body. Bagian ini adalah bagian yang menyebabkan gema pada piano. Jika martil memukul dawai piano maka akan dihasilkan suara,
Suara tersebut akan diteruskan keruangan kecil yang disediakan, ruang gema inilah yag menentukan keras lembutnya suara serta jenis suara yang dihasilkan. Terkahir adalah pedal, pedal piano bisanya terdapat dua hingga pedal yakni pedal sustain (untuk membuat nada bergema lebih lama), pedal caleste (melembutkan suara) dan pedal una corda (mendekatkan jarak martil dengan dawai).

Nah itulah beberapa bagian piano yang harus anda pahami, terutama ketika anda memutuskan untuk membeli piano. Jangan sampai karena anda tidak mengerti lalu anda justru mengalami kerugian.

No comments:

Post a Comment