Tuesday, November 18, 2014

Kemampuan musik komprehensif

Setiap musisi yang mampu memainkan instrumen musik dengan kecepatan tinggi selalu dianggap yang paling hebat. Tapi tahukan anda bahwa anggapan ini sebenarnya salah? Pendapat inipun sebenarnya hanya dikembangkan oleh orang-orang awam yang sudah terperangah ketika hanya melihat teknik super cepat para musisi.

Kemampuan musik komprehensif
Kemampuan musik komprehensif



Mereka cenderung tidak melihat kualitas nada, kualitas irama, kualitas timin, touching dan lain-lain. Musisi yang komprehensif adalah mereka yang mampu melihat permainan dari berbagai perspektif penilaian. Mereka akan memperhatikan mulai dari cepatnya permainan, bersihnya permainan, kecepatan permainan, nada-nada monoton, dinamikan stak serta timing.

Musisi yang komprehensif adalah mereka yang tahu kapan dan bagaimana bermain dengan benar, menentukan part yang cocok diisi speed, saat mengetahui kapan tepatnya melakukan silent atau menaikkan nada. Jadi anda dituntut untuk bisa membayangkan ilustrasi visual mengenai beragam style permainan.

Artiinya anda mampu melakukan pelebaran ide dan mengeksplor lagu. Cara ini memang sulit dan membutuhkan banyak pengalaman untuk melakukannya seperti kontrol, bisi dan target. Namun inilah satu-satunya cara yang bisa anda lakukan agar bisa menjadi musisi yang komprehensif. Namun sebelum beranjak ke komprehensif.

Tentunya anda terlebih dulu harus mengasah skill yakni dengan berlatih keras. Jika anda seorang gitaris berlatihlah chord chord dengan rajin. Jika anda seorang drummer, belilah drum dan latihlah tangan anda menggebuh perkusi setiap hari. Jangan sampai anda malas berlatih dan menjadi musisi standar yang sudah terperangah ketika melihat para musisi bermain dengan jari-jarinya.

No comments:

Post a Comment