Thursday, November 13, 2014

Tipe-tipe splash drum

Splash drum agak berbeda dengan bagian drum lainnya, ia memiliki banyak tipe yang memiliki fungsi berbeda-beda. Karena itu sebelum memutuskan membeli drum, ada baiknya anda mengerti betul tipe-tipe splash drum. Sehingga anda tidak mengalami kekecewaan saat nanti sudah memiliki satu set drum. Lalu aa saja tipe-tipe splash drum yang harus diketahui? Berikut penjelasannya;



a.Splash tradisional (Sabian 10”AA splash)
splash cymbal tradisional pertama kali dipopulerkan oleh Gene Krupa. Hadir dalam ukuran 8 "-12" sedikit berat dan tanpa lancip serta memiliki rim tebal. Fungsi utama splash cymbal tradisional ini adalah menghasilkan aksen dan serangan atau ketukan cepat, dan juga menghasilkan kekayaan nada.

b.Rock
Musisi rock membutuhkan splash cymbal berat dan sedikit lancip dengan ukuran 6 "-12". Ukuran ini memungkinkan cymbal  memberikan suara yang lebih lengkap pada volume tinggi.

c.China
Cymbal China yang biasa digunakan adalah ukuran kurang dari 14”, namun cymbal China sendiri tersedia dalam ukuran 6”12”. Cymbal China lebih banyak tidak memiliki lancip dengan berat yang lumayan ringan. Cymbal China dapat digunakan sebagai ride cymbal eksotis pada volume moderat. Beberapa contoh Cymbal jenis ini adalah Hubei C seri china 8 ", Sabian AAX Mini Chinese 12 ", Saluda Voodoo ChinaSplash 10 " dan Paiste Twenty Mini Cina 8 "

d.salsa
Cymbal salsa adalah cymbal paling kecil ditujukan untuk digunakan dengan satu set timbales. Contoh cymbal jenis ini adalh Sabian El Sabor Salsa Splash 13 "

e.Thin
Simbal splash thin dibuat dalam ukuran 8 "-12" dengan lancip, suaranya sangat berbanding terbail dengan cymbal tradisional. Cymbal jenis ini tergolong rapuh dan tidak cocok untuk drumer berpengalaman. Drum jenis ini hanya cocok untuk permainan drum yang tenang.

f. Bell

Bell cymbal dibuat dengan menebang simbal yang lebih besar, memiliki ukuran 4 "-8" atau kadang-kadanglebih besar. Bell cymbal awal dibuat menyerupai bentuk lonceng gereja dan kemudian berkembang seperti sekarang.

No comments:

Post a Comment