Monday, November 24, 2014

Belajar musik tanpa sistem

Bagi musisi yang sudah handal bermain musik adalah sesuatu yang mudah dan menyenangkan. Bisa menjadi terapi ketika gundah dan sedih, juga bisa mejadi simbol ekspresi kita ketikan senang atau bahagia. Namun ini tidak dialami oleh para pemula. Mereka justru menganggap musik adalah sesuatu yang menakutkan dan sulit dipelajari.
Belajar musik tanpa sistem


Sebenarnya apa yang menyebabkan mereka berpandangan seperti itu? Kucinya adalah pembelajaran yang tidak ssistematis. Tidak tahu harus belajar darimana dan tidak mengerti bagian-bagian ilmu musik mana yang paling penting untuk diperhatikan dan dipelajari. Misalnya gitaris. Banyak yang menilai bahwa hal pertama dalam bermain gitar adalah menguasai melodi.

Padahal ini salah besar anda harus terlebih dulu mengenal nada. Jangan sampai anda sudah membeli gitar mahal tapi justru terus tidak piawai memainkannya, hanya karena anda belajar tanpa mengikuti sistem. Buka laptop anda, carilah dilaman google disana anda akan banyak menemukan tips-tips belajar insturmen musik secara sistematis.

Jika tidak ingin repot melakukan itu anda bisa megikuti les musik saja. Disana sudah ada silabus atau agenda belajar yang disusun sedemikian rupa, agar anda lebih mudah menangkap pelajaran. Ditempat les musik anda juga akan menempukan orang-orang berkompeten yang bisa diajak diskusi tentang sistem permainan alat musik.

Tapi ingat tidak semua tempat les musik bagus, karena itu pilihlah dengan seksama tempat les musik yang akan anda ikuti. Lihat brand dan juga kualitas para pengajarnya, jika anda sudah yakin barulah masuki les musik itu dan serap ilmu dari pengajar anda sebanyak-banyakanya. Sebagai saran anda bisa mengikuti les musik di Yamaha. Disini banyak guru musik yang kredibel dan tentunya akan membuat anda semakin berkembang.


No comments:

Post a Comment