Monday, February 23, 2015

Hukum mendengarkan nyanyian dalam islam

Semua orang didunia ini suka musik, semua orang didunia suka berdeham dan semua orang memiliki selera musik tersendiri. Namun bagaiman pandangan islam tentang aktifitas mendengarkan musik? hukum menyanyi dalam islam dan mendengarkan nyanyian tidaklah sama, sebab memang ada perbedaan antara melantunkan lagu dengn mendengar lagu.

Hukum mendengarkan nyanyian dalam islam

Pada dasarnya mendengar suara apapun termasuk musik adalah diperbolehkan, baik suara binatang manusian maupun alam. Namun perlu anda ingat jika suara tersebut berisi sesuatu yang berbau maksiat maka kendati mendengar adalah sesuatu yang diperbolehkan dalam kasus ini menjadi haram dan tidakboleh didiamkan.

Begitu juga ketika anda mendengar lagu, hukum mendengar lagu adalah boleh. Tapi ketika isi lagu tersebut mengandung sesuatu yang bernada kemungkaran maka anda harus berhenti mendengarnya dan tidak boleh berdiam diri. Artinya anda harus mengingatkan sipembuat lagu bahwa aktifitasnya adalah dosa.

Nah inilah tugas anda dimasa depan yakni menciptakan berbagai lagu yang boleh dan enak didengar. Dalam satu dekade terakhir dunia musik Indonesia dipenuhi dengan karya-karya bagus, dan masih dalam batas kewajaran untuk didengar. Alangkah baiknya jika anda bisa menciptakan sebuah karya yang tidak hanya halal namun juga enak didengar.

Tanamkan dalam hati anda bahwa tujuan bermusik adalah menciptakan keindahan bukan memperlihatkan kemaksiatan. 

Jadilah pelopor yang membawa musisi Indonesia kearah yang lebih baik. Beli gitar terbaik dan mainkan dengan nada-nada indah membuat pendengar selalu mengingat tuhan dan menghindarkan diri dari perbuatan mungkar.

Source : yamaha musik

No comments:

Post a Comment